Saturday 2 October 2021

Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online

 

Informasi yang akurat dan menyeluruh adalah dasar dari semua usaha bisnis yang sukses karena menyediakan banyak informasi tentang calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada, persaingan, dan industri secara umum. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menentukan kelayakan bisnis sebelum melakukan sumber daya yang substansial untuk usaha tersebut.

Riset pasar menyediakan data yang relevan untuk membantu memecahkan tantangan pemasaran yang kemungkinan besar akan dihadapi bisnis terutama di bagian integral dari proses perencanaan bisnis. Faktanya, strategi seperti segmentasi pasar (mengidentifikasi kelompok tertentu dalam pasar) dan diferensiasi produk (menciptakan identitas untuk produk atau layanan yang membedakannya dari pesaing) tidak mungkin dikembangkan tanpa riset pasar.

Usaha atau bisnis juga tidak bisa dijalankan tanpa riset pasar yang matang dan jelas karena ini akan mempengaruhi kelangsungan bisnis tersebut. Bisa saja bisnis tidak bisa diluncurkan, tidak dapat menyasar target yang tepat atau hancur oleh faktor internal karena tidak ada riset pasar sebelumnya. Semua hal buruk bisa terjadi pada bisnis dan usaha yang tidak siap dan tidak mempunyai panduan dasar yakni riset pasar tadi.

Memahami Apa Itu Riset Pasar

Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online

 

Secara umum, riset pasar adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi tentang pasar, tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan untuk dijual di pasar itu. Sebuah riset juga mempunyai informasi tentang pelanggan masa lalu, sekarang, dan calon pelanggan untuk produk atau layanan tersebut. Selain juga meneliti karakteristik, kebiasaan belanja, lokasi, dan kebutuhan pasar sasaran bisnis Anda, industri secara keseluruhan, dan pesaing tertentu yang akan pebisnis hadapi.

Metode ini juga didefinisikan sebagai proses evaluasi kelayakan produk atau jasa baru, melalui penelitian yang dilakukan secara langsung dengan calon konsumen. Penerapan metode ini juga memungkinkan organisasi atau bisnis untuk menemukan target pasar mereka, mengumpulkan dan mendokumentasikan pendapat dan membuat keputusan yang tepat. Adapun riset pasar dapat dilakukan secara langsung oleh organisasi atau perusahaan atau dapat dialihdayakan ke instansi yang memiliki keahlian dalam proses ini.

Proses riset pasar dapat dilakukan melalui penyebaran survei, berinteraksi dengan sekelompok orang yang juga dikenal sebagai sampel, melakukan wawancara dan proses serupa lainnya. Tujuan utama melakukan riset pasar adalah untuk memahami atau memeriksa pasar yang terkait dengan produk atau layanan tertentu, untuk memutuskan bagaimana audiens akan bereaksi terhadap produk atau layanan. Informasi yang diperoleh dari melakukan riset pasar dapat digunakan untuk menyesuaikan kegiatan pemasaran / periklanan atau untuk menentukan apa saja prioritas fitur / kebutuhan layanan (jika ada) konsumen.

No comments:

Post a Comment

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia, Pasti Oli X-TEN!

Banyak orang yang mempunyai sepeda motor, tetapi sayangnya banyak pula yang tidak atensi dengan motor yang mereka miliki. Buktinya merupakan...